Jati Park Blitar: Outbond, Alam dan Kesenian

January 21, 2020

Wisata alam semakin banyak selaras dengan POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang sadar akan potensi wisata pada tempat tinggalnya, tak terkecuali untuk Jati Park. Berwadah paguyaban wisata RIMBA RAYA masyarakat bekerja sama dengan Perhutani, Taman Wisata Hutan Jati Park dirintis 4 Maret 2018. Sesuai dengan namanya wisata alam ini dipenuhi dengan nuansa pohon dan kayu jati.


Jati Park Blitar
Jati Park, Pagak, Plumbangan, Doko, Blitar
Berlokasi di Dusun Pagak, Desa Plumbangan yang merupakan bagian dari Kecamatan Doko ini di patut untuk dikunjungi sebab kalau hanya berbekal penasaran tak lagi ada yang perlu dikhawatirkan tentang akses jalan, aspal mulus.

Ada Apa di Jati Park?

Ada apa? Ada cinta #eeaa. Sebelum masuk ke area wisata suasana hutan jati sudah bisa dirasakan, sekitar 200m. Kalau mau bisa berhenti dulu untuk berfoto, tampaknya keren di tengah jalan beraspal dan kanan kiri pepohonan jati yang menjulang.

Patung Hewan dari Ranting Pohon Jati
Patung Hewan dari Ranting Pohon Jati

Baca Juga: Hutan Pinus Loji Tulungrejo, Lereng Gunung Kelud

Mini Motor Cross dan ATV

Kesan awal setelah memasuki wisata Jati Park, luas, tak terkecuali parkirannya. Usai parkir pandangan teralihkan oleh mini motor cross dan ATV. Dapat disewa dengan biaya Rp15.000/15 menit. 

Mini Motor Cross
Seorang Anak Naik Mini Motor Cross 
Aku sudah meremehkan ATV, sungguh stangnya berat dikendalikan. Pikirku gampang karena dasarnya mirip dengan mengendarai motor laki, yang gigi satu ke depan selebihnya ke belakang. Bedanya ini dengan tambahan dalam keadaan netral lalu dipijak gigi belakang maka apabila digas ATV akan melaju mundur, atret.

Setelah kucoba, ambyar! Apa lagi dikendarai bertiga. Jalur yang tidak begitu lebar membuatku was-was akan memabrak pohon jati. Tapi sudah disewa, ya harus dinikmati.

Flying Fox

Sayangnya aku lupa memotret momen dikala melihat anak-anak usia SD mencoba wahana ini. Pun lupa bertanya batasan usianya yang jelas di sana ada dan kamu wajib coba saat ke sana.

Kesenian

Sejauh ini yang kutahu pada hari minggu tertentu ada pementasan kesenian jaranan. Di samping hiburan dapat dijadikan edukasi kepada anak secara langsung. Budaya harus tetap dijaga dan dilestarikan, ditularkan kepada anak cucu.

Kesenian Jaranan
Turonggo Satrio Cahyo Kencono - TSCK 1245 Tampil di Jati Park
Tak perlu khawatir saat berada di sana tidak bisa menghubungi doi karena sinyal providermu tidak mendukung. Ketika masuk bersamaan dengan tiket masuk dan karcis parkir sudah disertai voucher wifi, looooosss. Mushola ada. Lapar? Haus? Tinggal pilih ke warung yang mana. Mau njajan cilok atau sempol bisa.

Di Jati Park juga bisa digunakan untuk acara besar, sebagai bumi perkemahan bisa menghubungi pihak yang terkait. Sesuai info yang kudapat dari penjual cilok yak tak kutanyai namanya, wisata hutan jati ini bisa dikunjungi hingga malam hari. Dengan indikator masih ada warung yang di dekat tiket masuk masih buka. "Biasanya yang datang ya ngopi di situ", begitu katanya.

Anak-anak Sedang Bermain di Jati Park
Anak-anak Sedang Bermain di Jati Park

Details:

Buka: Setiap Hari, 06.00 - 22.00 WIB
Nara Hubung Pengurus: +6281210996318
Tiket: Rp5.000
Parkir: Rp2.000

Berikut video di Jati Park, Jangan Lupa Subscribe ya. Terima kasih :)



You Might Also Like

0 Comments