Penangkaran Rusa (Kesambi Trees Park) Maliran, Ponggok, Blitar

September 19, 2019

Akhir pekan selalu yang ditunggu-tunggu dan direncanakan kemana berjalan-jalan. Atau malah mau menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat tidur, wujud balas dendam sepekan beraktifitas berlawanan dengan ke-idealis-an.

Akhir libur sekolah kenaikan kelas sebenarnya cerita berwisata ini saya unggah. Dengan alibi belum sempat yang sebenarnya lebih tepatnya menunda-nunda, tapi jangan bilang siapa-siapa. Kalau ditanya jawab saja sibuk dan belum sempat.

Adik sepupu yang naik kelas 4 saya lihat tak berlibur kemana-mana selain bermain jumpritan, layangan dan game online setiap harinya. Teringat waktu SD dulu aku yang tak punya cerita liburan selain "mengada-ada" berlibur ke rumah nenek. Mengada-ada karena rumah nenek hanyalah lima langkah dari rumah dan nenek yang satu lagi berjarak 150 meteran. Kasihan sekali kalau dia mempunyai kisah yang sama denganku.

Penangkaran Rusa di Maliran, Ponggok, Blitar. Sebenarnya ini dua nama ya tidak ada yang salah antara Penangkaran Rusa Maliran dan Kesambi Tree's Park. Karena penangkaran rusah ada di dalam Kesambi Tree's Park. Aku putuskan untuk mengajaknya ke sini supaya dia tahu secara langsung bagaimana rusa itu. Sungguh di samping lokasi yang bagus untuk foto prewedd, ini memang wisata edukasi. 

Memberi Makan Rusa

Selain bisa melihat rusa secara langsung, kita dapat berinteraksi dengan memberinya makan sayuran kangkung -yang dijual di sana kangkung- dengan harga satu ikat Rp2000.

Untuk anak-anak tidak diperbolehkan masuk, keluar pagar pembatas. Dari pagar kita bisa memberi makan rusa-rusa sembari menceritakan kepada anak/adik atau yang belum tahu mengenai ciri-ciri dan sifat dari rusa. Sehingga anak dapat menangkap ilmu dan informasi lebih mudah.

Wahana Bermain

Setelah bosan memberi makan rusa dan sudah puas melihat perbedaan antara yang satu dan lain kita bisa berpindah mengajak anak untuk outbound. Seru sekali, aku yang sudah dewasa saja ingin mencobanya tetapi sayang sekali untuk wahana bermain ini usia maksimal 11 tahun. 

Tapi tak masalah, yang dewasa cukup mengawasi dan memberi arahan saja. Itu justru lebih penting. Setelahnya bisa bersantai di hammock yang terbuat dari tali velcro yang terikat kuat dipohon, entahlah apa nama pohonnya. Mungkin pohon Kesambi, karena tempat  ini namanya Kesambi Tree's Park.

Area kosong juga luas, kalau mau piknik rame-rame cocok kok. Sekeluarga atau bahkan kelaurga besar, makan-makan, berswafoto, cerita keseruan jaman kecil, atau malah buat permainan sendiri berkelompok tiap kelaurga. 

Tiket Masuk dan Parkir

Tiket atau karcis masuk ke Kesambi Tree's Park atau penangkaran rusa di Maliran ini Rp10.000 dan biaya parkir sepeda motor Rp3.000. Ku kira sebelumnya biaya tiket  dikenakan untuk setiap orang tetapi waktu ke sini sama sepupu yang masih SD dia digratiskan. Cukup murah bukan?


You Might Also Like

0 Comments