Gagal Ikut SIM Keliling Akhirnya ke Polres Juga

May 10, 2019

Perpanjangan SIM C - Setelah lima tahun SIM kita miliki saat kita berulang tahun, saat itu juga SIM harus diperpanjang masa berlakunya. Lebih baik jangan merepotkan diri mengurusnya di tanggal itu karena kita tidak tahu apa yang terjadi atau kesibukan apa yang mungkin menghalangi kita untuk mengurusnya.

Di peraturan yang ada SIM bisa diperpanjang 2 minggu sebelum masa berlaku habis. Kemarin waktu aku mau mencoba SIM keliling ada yang habis masa berlaku SIMnya di hari itu juga, sedangkan blangko yang dibawa petugas terbatas hanya 30. Orang itu datang lebih siang dariku. Aku pun tidak dapat bagian karena keterbatasan itu yang akhirnya mengurus ke Polres.

Oleh petugas orang itu disuruh mencari orang yang mau ditukar tetapi tidak ada yang mau, tampaknya dia harus memulai mengurus SIM dari awal, membuat SIM baru.

Berangkat pagi, sekitar 06:30 WIB. Karena di jadwal SIM Keliling ada setiap hari minggu pukul 06:00 WIB sampai selesai di Taman Idaman Hati Wlingi. Tidak tahu kalau dibatasi kan, jadi agak santai apa lagi sampai di lokasi mobil SIM Kelilingnya belum datang.
Mobil SIM Keliling
Mobil SIM Keliling
Entah siapa inisiatornya untuk menumpik map di salah satu kursi taman, sudah ada setumpukan aku pun ikut menumpuk disitu. Sekitar pukul 07:00 WIB yang ditunggu-tunggu datang. Semua antusias mendekat loket, salah seorang yang tidak aku kenal telah membawa tumpukan map berisi persyaratan perpanjangan SIM itu. Diberikanlah tumpukan itu pada petugas. Melihat tampaknya jumlahnya terlalu banyak petugas menyampaikan kalau akan ada yang dikembalikan karena blangko SIM terbatas.
Peserta Pemohon Perpanjangan SIM di SIM Keliling
Antusiasme pak bapak dan bu ibu
Dalam hati bertanya-tanya," Berhasil ikut SIM Keliling ini gak ya? Kalau besok senin sudah puasa lagi." Ada beberapa yang dipanggil dan map dikembalikan meski masuk antrian awal karena terlalu cepat untuk diperpanjang, masa aktif masih sampai 1 Juni. Ada juga yang masih kurang 15 hari, bahkan ada yang kurang persyaratan pokonya seperti jumlah foto kopi KTP dan SIM kurang, juga belum membawa surat keterangan sehat dari dokter.

" Wah berkurang nih jumlahnya, bisa lah ya", aku berharap dalam hati. Apa lagi drama di hari sebelumnya mencari surat keterangan sehat yang dimulai dari kesiangan ke Polres, mau ke puskesmas tutup karena hari sabtu, ke Siti Aminah Babadan Wlingi ternyata tidak bisa melayani. Akhirnya berinisiatif ke Klinik Dharma Husada Wlingi di layani tetapi setengah 7 malam. Drama sekali kan bolak-baliknya. Tapi semua terbayar saat malam kembali lagi ke klinik gak tahunya dapat gratis, entahlah keberuntungan atau memang di klinik itu menggratiskan, kalau di dokter yang ada di pelayanan SIM Polres Rp 20.000.

Jeng jeng!!! Dipanggilah namaku, diberikannya kembali mapku, sial, tidak kebagian kuota SIM Keliling. Mau balik lagi minggu depan tapi Jum'at masa berlaku sudah habis. Akhirnya ngurus perpanjangan SIM C di Polres juga. Tak masalah, karena jarak rumah dengan polres hanya 12 Km. Lebih sedih yang rumahnya Kademangan sekitar 31 Km menuju ke Polres.

Syarat Perpanjangan SIM di Polres

Esok harinya, senin 6 Mei 2019. 1 Ramadhan 1440H hari pertama puasa. Berangkat pagi meski tau kalau jam segitu loket belum dibuka dan para polisi sedang upacara tapi mendapat antrian awal harus diperjuangkan supaya tidak lebih lama lagi menunggu.
Syarat Perpanjangan SIM C
Syarat Perpanjangan SIM C
Sebelum santai menunggu loket dibuka alangkah baiknya dicek persyaratan untuk memperpanjang SIM C terlebih dahulu:
  1. Fotokopi KTP dan SIM 5 lembar
  2. Surat keterangan sehat dari dokter
  3. SIM asli
  4. Map berwarna BIRU
  5. Bisa baca tulis

Proses Perpanjangan SIM di Polres

Oh iya, sebaiknya membawa pulpen dari rumah dari pada disana planga-plongo bingung cari pinjaman bila enggan membeli.
Himbauan untuk Mengantri
Anti Cuy
Sebelum pintu dibuka salah satu petugas menghimbau dari dalam dengan pengeras suara bahwa pemohon SIM baru atau pun perpanjangan dimohon untuk mengantri, entahlah begitu masih saja ada yang menjejal, sungguh tak tau malu.
Nomor Antrian Perpanjangan SIM
Lumayan lah ya
Masuk mengantri mengambil formulir dan kwitansi serta nomor antrian loket. Aku dapat nomor antrian B037, lumayan (kode B untuk pemohon perpanjangan SIM sedangankan untuk pemohon SIM baru dapat kode nomor antrian A). Alasan lain mengapa harus berangkat pagi ya pukul setengah 7 atau jam 7an lah supaya dapat nomor antrian loket karena sekitar pukul 8.30-9.00 WIB sudah ditutup.
Formulir Permohonan SIM dan Kwitansi
Ngisi Forumir Berasa Ujian  (lama gak nulis hehe)
Sambil menunggu panggilan ke loket 2 (loket pelayanan perpanjangan SIM) lengkapi dahulu formulir tidak sulit hanya data diri sesuai KTP, kalau masih bingung di luar ruangan ada contohnya pengisiannya. Sedangkan kwitansi isi sesuai keperluan kalau perpanjangan SIM C silang di kotak kalau perpanjangan SIM C dengan nominal Rp75.000, saran saat mengisi kwitansi untuk lebih tajam saat menggoreskan pulennya karena ternyata rangkap tiga. Jika sudah selesai bisa ngobrol dulu dengan orang yang ada di samping kiri dan kanan.
Loket Permohonan SIM Baru dan Perpanjangan
Loket Permohonan SIM Baru dan Perpanjangan
Setelah dipanggil nomor antriannya, serahkan map yang berisi persyaratan lengkap. Simpan nomor antrian kalau-kalau lupa. Selanjutnya menunggu dipanggil ke loket pembayaran. Selesai membayar, cukup lama waktu menunggu untuk foto, karena di sampingku tempat dudukku bukan orang yang sama saat menunggu dipanggil di loket 2 aku memilih untuk memulai tulisan ini.
Menunggu Masuk Ruang Foto SIM
Selow, resah, gelisah, mengeluh? Karaktermu akan terlihat saat mengantri heuheu
Di panggil dengan nomor antiran untuk masuk ruangan foto, sebelum foto pemohon SIM untuk meletakan jarinyasatu persatu  tangan kanan disebuah alat lalu foto. Dan oleh petugas dihimbau untuk tersenyum saat foto, tapi untuk hasilnya ya begitulah, wajah tetap nggales. Hehe itu aku loh ya, beda orang mungkin beda.

Keluar ruangan foto, kembali duduk mengantri untuk mengambil SIM yang baru. Kali ini dipanggil dengan nomor antrian dan menyerahkan kwitansi bukti pembayaran. Duduk lagi,  tidak lama dipanggil lagi dengan nomor antrian, tanda tangan lalu mengambil SIM yang sudah jadi. Cek sebentar kalau-kalau ada yang keliru.
SIM C
Kan nggales, hehe
Selesai, pulang, tidur. Alhamdulillah ^_^

You Might Also Like

0 Comments