Skip to main content

Posts

Showing posts from 2019

Puisi: Gula Kapas

Apakah kamu suka gula kapas? Dia lembut dilihat juga disentuh Dia berwarna merah jambu Pastinya kamu suka walaupun tak menggilainya Akhir-akhir ini aku melihat gula kapas Tidak di Abang-abang di pasar malam Menggumpal-gumpal di langit bebas  Bergradasi abu-abu merah jambu Aku membayangkan, apa kamu juga? Tidak tahu, aku pun tak tahu keseharianmu Menghabiskan waktu bersama temanmu atau menulis buku? Yang jelas ini masih hari rabu Dan kita akan bertemu malam minggu Malam minggu nanti, Gula kapas yang yang mana yang akan kita ketemui? A.Widayanti Ba'da Maghrib Blitar, 21 November 2018 Di bawah ini video puisi di atas jangan lupas Subscribe ^_^

Hutan Pinus Loji Tulungrejo, Lereng Gunung Kelud

Mendaki gunung lewati lembah.... Dulu sekitar awal tahun 2018 yang ceritanya tidak ku tulis di blog sebab tak sampai puncak dan berkeinginan ke sana lagi tapi belum juga tercapai. Ketika menuju gerbang pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo dari basecamp ada pilihan untuk ngojek. Dan ketika itu melintasi hutan pinus yang tampak di kelola sebagai tempat wisata juga, Hutan Pinus Loji, begitu dinamainya. Beberapa waktu lalu aku dan beberapa teman entahlah berberapa lebih dari lima yang jelas, saking banyaknya aku malas untuk menghitungnya, lebay ya ahaha. Tiket masuknya Rp3.000 per orang dan Rp2.000 untuk parkir sepeda motor. Mulanya mau ambil footage tapi nggak tau kenapa mood buyar ambyar pas waktu tiba di sana. Pengennya duduk-duduk saja, bercengkrama. Tempatnya asyik dibuat piknik. Pemandangannya yang masih asri dan udaranya yang segar membawa kita sejenak menjauh dari hingar bingar kejamnya dunia yang bar bar. Hijaunya rumput dan daun pohon pinus menyejukkan mata.  A

Cara Membuat Minuman (DIY) Watermelon Coco Punch

Mantap!!! Siang, panas, dahaga tiga hal yang tak terpisahkan dan es salah satu yang terbayang untuk menyembuhkannya. Padahal bukan penyakit tapi buat nggak enak. Siang itu usai kami mengantarkan daging kambing kurban ke semua rumah di dusun hingga ke dusun sebelah dahaga menghampiri. Salah satu dari kami penggemar drama korea dan mengaku Jeno adalah biasnya beride untuk membuat coco punch.  Di Korea membuat coco punch dengan soju tentu kami tidak akan menirunya karena memang tidak ada di warung sebelah. Di gantilah dengan sprite dan buahnya semangka. Jadi judulnya membuat watermelon coco punch. Berberapa, entahlah aku sudah lupa, banyak bocah  pokoknya. Patungan lah kami untuk membeli bahannya, semangka dan sprite. Tak perlu jauh-jauh ke kecamatan untuk sekedar degan. Meski bukan kelapa muda ijo, nganggo kambil gading 3 wis sueger. Kami semua berpencar. Dua laki-laki pergi membeli semangka, satu laki-laki yang lain pulang untuk memetik kelapa muda di pekaranga

Ngopi di Kopi Janji Jiwa Blitar untuk Menjiwai Janji-janjinya

Kopi Janji Jiwa - Sejak kapan ya suka kopi? Hmm sebenernya dari kecil tuh suka nyrobot nyruput kopinya bapak. Dan anggapku kopi ya gitu, bubuk kopi yang disangrai dengan tambahan beras dengan perbandingan sesuka emak -bertujuan supaya tidak murni (bisa ngopi tanpa bikin begadang) dan tentunya menjadi banyak- yang sudah dilembutkan diseduh dengan gula. Sedangkan rasanya ya manis ada pahitnya, gitu. Baru tahu dan mau sedikit mencari tahu sejak lihat film filosofi kopi. Kupikir sejak itu kopi dan senja mulai hits, bener nggak? Filosofi Kopi dengan Ben Jodi dan Fortwnty dengan Zona Nyaman-nya. Kopi Janji Jiwa, Es Kopi Susu yang sedang ngetrend di perinstagraman, jagad Indonesia. Hati ini pun tergerak untuk mencoba mengunjunginya, sekalian main ke kota. Sungguh dari ufuk timur utara mager sering melanda. Untuk mengurangi itu, ku janjianlah dengan teman SMA-ku, sepercontekan, sepermainan, sepercuhatan berlanjut hingga sekarang. Dari rumah berniat mampir ke toko buku karena pen

Wahana Coffee Tempat Nongkrong Berbagai Kalangan di Wlingi, Blitar

Ngopi yuk! Begitu kiranya ajakan teman-teman tat kala ingin nongkrong di luar, padahal pas di lokasi belum tentu pesan kopi, pokoknya mah judulnya ngopi. Wahana Coffee, untuk kamu yang tinggal di kabupaten Blitar apa lagi di Wlingi tentu tidak asing lagi dengan keberadaannga. Tempat ini tak jarang dimanfaatkan para penghemat kuota. Setiap pembelian satu menu kita akan mendapat satu potong kertas kecil -voucher internet berisi username dan password- yang valid selama 3 jam untuk mengakses internet. Aku tidak tahu apakah ini dapat disebut kafe karena dibayanganku kafe itu ada barnya dan kita dapat melihat barista membuat kopi atau minuman pesanan kita. Namun menurut KBBI, " ka·fe /kafĂ©/ n 1 tempat minum kopi yang pengunjungnya dihibur dengan musik; 2 tempat minum yang pengunjungnya dapat memesan minuman, seperti kopi, teh, bir, dan kue-kue; kedai kopi." Jadi Wahana Coffee ini dapat disebut kafe ya. Aku kalau ke kafe ini selalu pesan kopi. Awal-awal aku pesannya

Penangkaran Rusa (Kesambi Trees Park) Maliran, Ponggok, Blitar

Akhir pekan selalu yang ditunggu-tunggu dan direncanakan kemana berjalan-jalan. Atau malah mau menghabiskan waktu sepanjang hari di tempat tidur, wujud balas dendam sepekan beraktifitas berlawanan dengan ke-idealis-an. Akhir libur sekolah kenaikan kelas sebenarnya cerita berwisata ini saya unggah. Dengan alibi belum sempat yang sebenarnya lebih tepatnya menunda-nunda, tapi jangan bilang siapa-siapa. Kalau ditanya jawab saja sibuk dan belum sempat. Adik sepupu yang naik kelas 4 saya lihat tak berlibur kemana-mana selain bermain jumpritan, layangan dan game online setiap harinya. Teringat waktu SD dulu aku yang tak punya cerita liburan selain "mengada-ada" berlibur ke rumah nenek. Mengada-ada karena rumah nenek hanyalah lima langkah dari rumah dan nenek yang satu lagi berjarak 150 meteran. Kasihan sekali kalau dia mempunyai kisah yang sama denganku. Penangkaran Rusa di Maliran, Ponggok, Blitar. Sebenarnya ini dua nama ya tidak ada yang salah antara Penangkaran Ru

Oleh-oleh Dua Macam Teh Celup dari Hongkong

Bukan, aku tidak...hmm.. mungkin belum ya. Bukan aku yang ke atau dari Hongkong. Melihat teman-teman traveling atau bekerja di luar negeri kadang membuat ku mempunyai alasan ingin. Jadi curhat yang nggak nggak kan. Juli kemarin temanku pulang dari Hongkong, siapa dia? Dia yang waktu itu main untuk Mengusir Jenuh di Pantai Tambakrejo dan Pasetran Gondo Mayit. Si cantik dan tinggi dari desa sebelah haha. Semacam tradisi kalau teman atau saudara yang bekerja di luar negeri selalu minta oleh-oleh coklat. Kali ini aku sengaja narget (malak) dia untuk membelikan teh. Pikirku negara yang berkebangsaan Cina itu khas dengan teh-nya. Tapi aku juga nggak tau jenis-jenis teh apa lagi merk-merk. " Pokoke aku njaluk oleh-oleh teh. Mekso iki hukume", begitu kiranya pesan WAku, kan preman banget! Teh Oolong, sebelumnya pernah minum nih teh tapi  yang iklannya bang Vino G. Bastian itu, teh botol. Jadi itu yang menjadi indikator rasanya. Nyoba deh nyeduh ala ala dibasahi dulu cangkir

Modem Wifi M6x Dapat Cuma-cuma

Wadidaw asyik nih dapat yang gratis-gratis. Hehe Bermula dari kebiasaan "enaknya ngabuburit ke mana ya" tatkala ramadhan, bak gayung bersambut ada acara ngabubuwrite bareng smartfren community dan IDN Times. Di dalam infonya pun dapat buka puasa gratis. Duh dalam hati, "Sayang banget kegratisan yang menumpuk undung itu dilewatkan!" Bertempat di Ruang Tuang by Jelajah Blitar asyik dong tempatnya. Sebelum materi tentang menulis artikel yang di sampaikan mbak Febriyanti Revitasari dari IDN Times, mas Pandu selaku member dari Smartfren Community menyampaikan adanya Ramadhan Challenge. Awalnya sekedar ku catat saja, ikutanpun paling juga nggak bakal menang batinku. Challenge berupa post instagram dengan menceritakan kebaikan yang ada di sekitar atau dari diri kita sendiri. View this post on Instagram Bukber Ramadhan. Smartfren Community Blitar Bukber Ramadhan. Terima Kasih yang sudah hadir dan antusias. *MR Sa

Ngopi di Ruang Tuang, Basecampnya Jelajah Blitar

Ruang Tuang - Yang oleh pemiliknya tidak mau dijuluki kafe dan tukang pembuat kopinya tidak disebut barista tetapi penuang. Lokasinya di kota Jl. Ir. Soekarno utara gardu PLN. Tempat ini digadang sebagai basecamp Jelajah Blitar . Kalau pengen tau dan mau pengen ketemu sama admin Jelajah Blitar main aja ke sana. Ngopi nongki-nongki bareng temen, cari kenalan atau cari tempat nyaman untuk ngerjakan PR atau tugas kuliah. Setiap meja ada colokannya, aman lah untuk kamu yang me-nadi-kan gadgetmu. Tempat ini berdiri sejak tahun 2018. Tapi dengan alibi jauh, baru dua kali ini aku ke Ruang Tuang dan sekali ini ngopi di sini. Yang pertama waktu ikut acara Ngabubuwrite bareng Smartfren dan IDN Times. Sungguh kebangetan kan dan yang ke dua ini sebenernya ada maksud lain yaitu ambil Modem Mifi M6x hadiah karena ikutan Ramadhan Challenge. Ngopi bro Banyak menu kopi yang disuguhkan dengan berbagai macam cara penyajian, ada tubruk, V60 dan yang lain yang tak aku tau namanya. Dari

Sayur Lodeh Ontong (Jantung Pisang)

Jantung Pisang - Ini muncul saat pohon pisang sudah berbuah. Seperti halnya pohon kelapa yang setiap bagiannya bermanfaat dan dapat dimanfaatkan, bagian pisang yang satu ini menjadi favorit pecinta kuliner tradisional yang pedas. Sayur Lodeh (Ontong) Jantung Pisang Di tempatku jantung pisang disebut dengan "ontong". Kata ibuku, tidak semua jenis pisang yang ontongnya dapat dimasak. Hanya dari pisang gepok dang sri. Aku tidak tau apa sebabnya, mungkin pahit atau apa. Pertama kali aku merasakan sayur ontong ini ketika SD, lalu ibuku sudah tidak pernah lagi memasaknya. Tidak tau apa penyebabnya, padahal kalau mau pun tinggal petik di ladang kalau kalau pisang lagi musim. Sedangkan dua bulan terakhir ibuku gemar memasaknya. Sama halnya dengan sayur tewel (nangka muda) bagiku sayur ontong ini bisa membuatku kalap makan banyak, sehari bisa sampai empat kali. Hehe Aku tidak bisa kalau disuruh untuk menggambarkan seperti apa rasanya sayur lodeh ontong ini. Yang

Bagaimana Rasa Tahu Gejrot?

Tahu Gejrot - Jajanan satu ini akan banyak kita temui di daerah Jawa Barat. Aku yang hampir tidak pernah berpergian keluar provinsi hanya membanyangkan dan menenangkan hati tatkala melihatnya di televisi dalam berbagai acara. Tahu Gejrot "Ya namanya tahu, rasanya ya seperti tahu buasanya lah ya," begitu ucapku dalam hati. Saat bulan September lalu sepupuku yang kuliah di IPB, wisuda. Mencium kesempatan lain dalam berita bahagia ini aku pun ikut menghadirinya, meskipun tak masuk ke gedung. Sembari menunggu prosesi wisuda selesai, aku bersama adik sepupuku dan bersama sepupuku yang lain menikmati suasana di luar. Setelah berfoto di bundaran logo IPB yang berair mancur itu kami mendekat ke gedung. Terlihat ada bapak-bapak pedagang tahu gejrot yang dengan gerobaknya yang model dipikul sedang duduk santai menunggu pelanggan. Cara Membuat Tahu Gejrot Bumbu Tahu Gejrot Beli dong!! Bapak penjual membuka pintu etalase berisi tahu sekaligus dijadikannya ta

Cemburu pada Hujan

Sumber dari Pinteres oleh Ayesha Yousaf Zai   Pagi ini tak seberkas pun cahaya mentari yang menembus celah kisi. Udara lembab, hujan rintik, dingin menyelinap menembus lapisan lemak dan daging menusuk tulang. Aku berdiri menghadap jendela kamar bersedekap, dia mendekapku dari belakang mengerti bahasa tubuhku yang kedinginan. Ku menoleh, ku dapati senyumnya, sungguh weekend pagi yang sempurna tak dapat ke mana-mana hanya berdua bersamanya. “Selamat pagi, dingin ya? Makanya pakai sweater dong untung ada aku.” “Hmm… Kamu.”, aku pasang wajah sebel tak lama berubah tersenyum manja. Dalam dekapnya aku merasa aman, tak ada yang berani menyerangku lihatlah perkara aku kedinginan saja dia pahami. Memang dia lelakiku, lelaki yang ku inginkan. Ting-tung bunyi ponselku tanda pesan masuk. “Sial itu hanya lamunan”, aku menggumam sejenak dan tersenyum simpul. Rupanya Brama, yang dilamunkan mengirim pesan. Bagaimana tidak, Brama pujaan hatiku berada di Pulau Kalimantan. Laki-laki yang se

Gagal Ikut SIM Keliling Akhirnya ke Polres Juga

Perpanjangan SIM C - Setelah lima tahun SIM kita miliki saat kita berulang tahun, saat itu juga SIM harus diperpanjang masa berlakunya. Lebih baik jangan merepotkan diri mengurusnya di tanggal itu karena kita tidak tahu apa yang terjadi atau kesibukan apa yang mungkin menghalangi kita untuk mengurusnya. Di peraturan yang ada SIM bisa diperpanjang 2 minggu sebelum masa berlaku habis. Kemarin waktu aku mau mencoba SIM keliling ada yang habis masa berlaku SIMnya di hari itu juga, sedangkan blangko yang dibawa petugas terbatas hanya 30. Orang itu datang lebih siang dariku. Aku pun tidak dapat bagian karena keterbatasan itu yang akhirnya mengurus ke Polres. Oleh petugas orang itu disuruh mencari orang yang mau ditukar tetapi tidak ada yang mau, tampaknya dia harus memulai mengurus SIM dari awal, membuat SIM baru. Berangkat pagi, sekitar 06:30 WIB. Karena di jadwal SIM Keliling ada setiap hari minggu pukul 06:00 WIB sampai selesai di Taman Idaman Hati Wlingi. Tidak tahu kalau d

Sarapan di Warung Mbok Yem: Nasi Pecel Tertinggi di Indonesia

Gunung Lawu - Mendengar nama gunung ini kalangan pendaki pasti lamgsung terbesit di pikirannya tentang warung Mbok Yem. Warung yang terletak di gunung, hampir di puncaknya. Mbok Yem tinggal di warungnya itu, tidak seperti penjual yang lain yang buka di hari sabtu-minggu saja. Mbok Yem selalu buka bahkan tempatnya bisa menampung 30 orang kalau-kalau saat malam tiba para pendaki enggan begitu kedinginan di dalam tenda. (Ingat! Tetap membawa perlengkapan lengkap jangan meremehkan bisa di dalam warung Mbok Yem. Karena kita tidak tahu keadaan di atas saat di bawah. Yang jelas sabtu minggu jumlah pendaki meningkat.) Selain puncak dan pemandangan yang menakjubkan. Bagiku Mbok Yem menjadi daya tarik tersendiri. Alih-alih melihat sunrise, pecel Mbok Yem menjadi tujuan karena kelaparan (cerita kelaparan ada di tulisan sebelum ini.  Baca disini ). Nasi Pecel Mbok Yem Tidak aneh-aneh, lha wong namanya pecel. Yang beda jelas suasana dan sensasinya ditambah ekspektasi dan didukung

Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu: Rasanya Kaki Mau Patah

View Pos 4 Gunung Lawu - Walaupun bukan pendaki berpengalaman setiap orang yang mendaki gunung disebut pendaki dong ya? Ya meski hanya tiga kali setidaknya sudah ku takhlukkan Puncak Mahameru . Sudah hampir setahun tidak mendaki dengan alasan menjawab pertanyaan, "Sebelum bulan puasa mau kemana?" Yang sebenarnya bisa dijawab dengan singkat," Di rumah saja." Singkat cerita dipilihlah Gunung Lawu dan dengan penuh drama akhirnya jalur Cemoro Sewu yang akan ditempuh bersama.Karena salah satu teman tidak punya banyak hari libur, menurut informasi yang bertebaran di internet jalur Cemoro Sewu-lah yang paling cepat tapi dengan konsekuensi tidak ada bonus, jalan nanjak terus. Di mulai tanggal 25 April pagi berangkat dari terminal Blitar menuju Nganjuk naik bus Kawan Kita, ada bapak-bapak kecopetan, kasihan mau ke Kediri minta uang tambahan ke anaknya untuk memperbaiki motor dompetnya malah raib. Dari Nganjuk niat awal turun Maospati tapi karena sudah malam akhi